Pembelajaran Tarikh/Kisah Nabi Sulaiman as

– Setelah Nabi Daud AS wafat, anaknya yakni Nabi Sulaiman meneruskan kerajaan Bani Israil. Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari kisah Nabi Sulaiman yang merupakan raja segala makhluk.
Alkisah, pada suatu hari Sulaiman mengumpulkan bala tentaranya yang terdiri dari jin, manusia, dan burung yang berbaris dengan tertib.
Saat memeriksa kawanan burung, Sulaiman melihat burung Hud-Hud tak ada di tempat.
“Mengapa aku tidak melihat Hud-hud, apakah ia termasuk yang tidak hadir? Pasti akan kuhukum ia dengan hukuman yang berat atau kusembelih ia, kecuali jika ia datang kepadaku dengan alasan yang jelas,” kata Sulaiman, sesuai dengan surat An-Naml ayat 20-21.
Tak lama, Hud-Hud pun datang dan langsung memberi kabar dari negeri Saba.
Hud-Hud menyebut Ratu Balqis dan pengikutnya menyembah matahari.Sulaiman lalu memerintahkan Hud-Hud untuk membawa sebuah surat ke Negeri Saba.
Saat mendapati surat itu, Ratu Balqis tampak terkejut dan kebingungan.
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri,” tulis Sulaiman dalam surat itu.
Balqis lalu mengutus anak buahnya untuk mengirimkan hadiah berupa harta benda yang berlimpah untuk Nabi Sulaiman.
Nabi Sulaiman menolak hadiah itu dan mengancam bakal berperang melawan kerajaan Ratu Balqis.
Mukjizat Nabi Sulaiman AS
1. Sebagai seorang raja dan nabi, Sulaiman pandai, cerdas, dan bijak. memiliki akhlak yang balk, yakni sangat taat kepada Allah dan orang tuanya.
2. dapat berbicara dengan bahasa binatang. ia diberikan tentara dari tiga golongan, yaitu manusia, jin, dan burung.
Para jin itu siap untuk melakukan apa saja bagi Sulaiman, seperti membuat gedung yang tinggi, patung, piring, kolam, dan periuk.