PAI Kelas 4 BAB 5 Shalat Sunah Munfarid

Shalat Sunah Munfarid

Shalat bisa di kerjakan dengan 2 cara yaitu dengan cara berjamaah dan dengan cara sendirian yang di sebut dengan shalat Munfarid .
Shalat sunah munfarid adalah shalat sunah yang  dilakukan dengan cara sendirian, tidak ada imam atau makmum.

Berikut contoh shalat sunah Munfarid :
1. Shalat Tahiyatul Masjid
Shalat sunnah Tahiyatul Masjid adalah shalat sunah yang dilaksanakan ketika seseorang memasuki masjid. Hukum melaksanakannya adalah sunah, dikerjakan 2 rakaat sebelum duduk dengan tujuan menghormati (memuliakan) masjid. Nabi Saw bersabda yang artinya:
Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Shalat Tahajud

Tahajud berarti bangun dari tidur pada malam hari. Jadi shalat Tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah shalat Isya’ sampai menjelang waktu Subuh. Lebih utama dikerjakan sepertiga malam yang terakhir (kira-kira jam 02.00 dini hari). Hukum melaksanakan shalat Tahajjud adalah sunnah muakkad. Jumlah rakaatnya paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tak terbatas.
Adapun dalil tentang shalat tahajud adalah Firman Allah QS. Al Isra 79
Artinya : “Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mu aridl Isra 79)

3. Shalat Dhuha
Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilaksanakan pada pagi sampai siang hari. Dari setelah matahari agak tinggi sampai sebelum masuk waktu dzuhur. Waktu terbaik adalah dengan mengakhirkan sampai waktu agak siang (panas). Kira-kira antara jam 8 sampai jam 10. Hukum salat Duha adalah sunnah muakkad. Jumlah rakaatnya paling sedikit dua, rakaat dan paling banyak dua belas rakaat, yang paling utama delapan rakaat.

4. Shalat Sunnah Rawatib
Shalat Sunnah Rowatib adalah shalat sunah yang waktu pelaksanaannya mengiringi shalat fardu lima waktu. Shalat tersebut dilakukan sebelum atau sesudah shalat fardu. Sholat Sunat Rawatib yang dikerjakan sebelum sholat fardu disebut rawatib qobliyah, sedangkan Sholat Sunat Rawatib yang dikerjakan sebelum sholat wajib disebut rawatib bakdiyah

5. Shalat Safar adalah salat yang dilakukan ketika akan bepergian. misalnya akan pergi umroh atau naik haji. dilakukan 2 rakaat

Tugas :

Anak – anak melakukan salat sunah munfarid dhuha  dirumah masing-masing , di foto lalu dikirim ke Link

<iframe src=”https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSecmvnN1GiwpCdIoiDHNKR4UHfQsj4NWf2kN9ov7MDiNO2b6Q/viewform?embedded=true” width=”640″ height=”599″ frameborder=”0″ marginheight=”0″ marginwidth=”0″>Memuat…</iframe>